Hillary Clinton Ngetwit

hillary clinton‘Hillary Clinton telah kembali’ begitu komentar para pengguna internet dan sosial media menyambut kehadiran mantan Menlu AS di twitterland pada hari Senin, 10 Juni 2013. Dengan foto profil berlatarbelakang hitam, Hillary tampil modis mengenakan kaca mata hitam tengah melihat telepon genggamnya dan menuliskan biografinya sebagai ‘Istri, ibu, pengacara, penasehat anak dan wanita, FLOAR, FLOTUS, senator, menlu, pengarang buku, pemilik anjing, ikon rambut, pantsuit aficionado, glass ceiling cracker, TBD …” 

Twit pertamanya yang ditujukan kepada Adam Smith dan Stacy Lamb (pembuat texts from Hillary Tumblr) dan berbunyi “Thanks for the inspiration @ASmith83 & @Sllambe – I’ll take it from here… #tweetsfromhillary” disambut hangat oleh para pengguna internet dan sosial media. Tidak sampai setengah hari, followernya sudah melebih 250 ribu.

Sambutan hangat pertama datang dari mantan Presiden AS Bill Clinton, yang juga suaminya, yang menyambut Hillary di Twiterland dengan sapaan ‘Does @Twitter have a family share plan? Great to be here with @HillaryClinton & @ChelseaClinton. Looking forward to #tweetsfromhillary’.

Tidak lama kemudian muncul sambutan dari mantan bossnya, Presiden AS Barack Obama, yang melalui akun twitternya @BarackObama menyapa ‘Happy to welcome @HillaryClinton to Twitter. Stay tuned for the real #TweetsFromHillary’.

Dengan status Hillary Clinton sebagai seorang politisi yang namanya masih moncer di dunia perpolitikan AS dan masih berpeluang kembali menjadi Presiden AS, kehadirannya kembali lewat Twitter, setelah mundur dari jabatan Menlu AS karena sakit, memunculkan sejumlah spekulasi mengenai kemungkinannya untuk kembali ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai Presiden AS 2016. Terlebih pada profilnya Hillary menuliskan status yang berbunyi TBD atau To Be Determined. Tidak jelas apa yang dimaksudkan dengan TBD oleh Hillary, tapi banyak pihak yang memperkirakan bahwa status tersebut antara lain terkait dengan keputusannya kelak untuk maju sebagai calon presiden.

Sementara itu, terkait dengan penggunaan internet dan sosial media untuk kepentingan politik, bagi Hillary sendiri hal tersebut sebenarnya bukanlah hal yang baru karena sebelumnya ia sudah pernah memanfaatkan tumblr dalam kampanyenya sebagai Presiden AS pada tahun 2008. Namun upayanya menggunakan internet dan sosial media pada saat itu belum berhasil mengalahkan Barack Obama yang jauh lebih aktif dan produktif menggunakan Facebook, Twitter, Blakcberry Messenger dan sebagainya.

Setelah diangkat menjadi Menlu AS di bawah Presiden Obama, Hillary Clinton pun tetap aktif menggunakan internet dan sosial media untuk berdiplomasi dan mencapai tujuan kebijakan luar negeri AS. Ia berinisiatif membuat blog diplomatik di web kementerian luar negeri guna mendorong para diplomatnya melakukan diplomasi publik lewat internet.

Hillary Clinton juga berhasil mentransformasikan smart power yang dimiliki AS untuk menuntaskan misi diplomatik dengan memanfaatkan internet dan sosial media, misalnya menggalang dana guna membantu korban gempa di Haiti lewat Twitter dan facebook atau mengirimkan para CEO di bidang teknologi tnformasi seperti dari Google dan Twitter ke Afrika guna memahami isu-isu di negara berkembang.

Guna mendorong kehidupan demokrasi di berbagai negara, Hillary aktif mempromosikan penggunaan internet dan sosial media secara bebas. Berulang kali Hillary menyerukan negara-negara di berbagai kawasan, terutama di Timur Tengah dan China, untuk memperbolehkan penggunaan internet dan sosial media secara bebas. Ia pun menyerukan penggunaan internet dan sosial media untuk belajar, diskusi, bercakap-cakap dan bersenang-senang. Ia ingin menjadikan internet dan sosial media sebagai platform bagi setiap orang untuk dapat berbicara dan juga didengarkan suaranya.

Dengan segala capaian dan tentu saja didukung integritasnya, tidak heran jika kehadiran Hillary Clinton di Twitter disambut hangat. Publik tidak sabar untuk membaca #tweetsfromhillary dan berkesempatan berinteraksi dengannya secara langsung di dunia maya, suatu hal yang sulit dilakukan di dunia nyata

 .

Leave a Reply

Silahkan komentar menggunakan akun facebook

Your email address will not be published.