Merayakan Kemerdekaan Meksiko

Tanggal 16 September merupakan tanggal istimewa bagi rakyat Meksiko karena tanggal tersebut diperingati sebagai hari kemerdekaan dan hari libur nasional.

Tanggal 16 September ditetapkan sebagai hari kemerdekaan karena pada tanggal tersebut terjadi peristiwa dimana Miguel Hidalgo, salah seorang pemimpin nasional perang kemerdekaan Meksiko, melakukan tangisan kemerdekaan (El Grito de la Independence) di kota Dolores, Guanajuato, pada tanggal 16 September 1810. Tangisan kemerdekaan atau el Grito tersebut sangat penting karena dinilai menjadi awal terjadinya gerakan revolusi menghadapi Spanyol.

Masyarakat Meksiko merayakan hari kemerdekaan dengan menyalakan kembang api, makan dan minum, pesta dansa dan musik, serta parade militer pada tanggal 16 September 2018.

Bendera, bunga dan berbagai dekorasi yang selaras dengan warna bendera Meksiko: merah putih dan hijau dipasang di hampir semua tempat: gedung kantor, rumah dan tempat-tempat umum.

Peringatan diawali dengan El Grito oleh Presiden Meksiko sesaat memasuki tanggal 16 September 2018. El Grito disampaikan oleh Presiden dari atas balkon Istana Kepresidenan (Palacio) di hadapan masyarakat luas, sambil mengibar-ngibarkan bendera Meksiko dan meneriakan kata-kata antara lain “Viva Hidalgo”, “Viva Mexico”, dan “Viva Kemerdekaan”.

Untuk dapat mendengarkan El Grito secara langsung oleh Presiden Meksiko, sejak menjelang tengah malam masyarakat sudah memadati lapangan luas di depan Palacio.

Ikut merasakan kebahagiaan masyarakat Meksiko dalam memperingati kemerdekaannya, saya pun berbaur dengan anggota masyarakat di Mexico City yang menyaksikan parade militer pada tanggal 16 September 2018. Parade dilakukan mulai dari Palacio hingga Camp Militer di ujung jalan Reforma.

Sejak pukul 10 pagi masyarakat terlihat sangat antusias untuk menyaksikan parade militer. Mereka sudah berjajar di pinggir jalan untuk mendapatkan tempat-tempat strategis, bahkan tidak sedikit diantaranya yang membawa kursi. Sementara yang lainnya terlihat mengunjungi stand pameran militer yang terdapat di beberapa lokasi di sepanjang jalan Reforma, untuk bertanya-tanya, berfoto bersama dan memperoleh souvenir.

Sekitar pukul 11.30 parade militer dimulai dengan penampilan berbagai kekuatan militer mulai dari pasukan tempur dan pasukan berkuda lengkap dengan persenjataannya, tenaga medis dan perawat, pasukan bencana alam hingga alat tempur ringan seperti tank serta terbang bersama pesawat tempur dan angkut di langit Mexico City (sayangnya saya tidak sempat memotret).

Untuk menjaga ketertiban, di sepanjang jalan yang akan dilalui oleh peserta parade, polisi berbaju biru langit dalam jumlah banyak berjaga-jaga di tepi jalan. Mereka berjaga-jaga setiap sekitar 5 meter, dengan wajah menghadap ke arah penonton. Dengan kehadiran polisi, Masyarakat pun dengan tertib berjajar di pinggir jalan untuk menyaksikan jalannya parade dan meneriakkan “Viva Meksiko.

Leave a Reply

Silahkan komentar menggunakan akun facebook

Your email address will not be published. Required fields are marked *