8 Fakta Dasar Mengenai Tiongkok Yang Harus Anda Ketahui

september_global_world_wildlife_fund_01Republik Rakyat Tiongkok atau biasa disebut sebagai Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Saat ini Tiongkok tumbuh dan berkembang sedemikian sehingga menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. Pertumbuhan dan perkembangan Tiongkok ini banyak menarik perhatian dunia internasional dan banyak yang memperkirakan bahwa Tiongkok suatu saat akan menjadi negara raksasa terbesar dunia menggantikan AS.

Di tengah pertumbuhan yang sedemikian pesat tersebut, ternyata tidak banyak hal yang diketahui masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Berikut beberapa fakta dasar yang menarik untuk diketahui tentang Tiongkok:

1. Bentuk Pemerintahan di Tiongkok
Secara resmi Tiongkok adalah negara dengan pemerintahan berbentuk Republik dengan satu partai yang berkuasa yaitu Partai Komunis Tiongkok. Struktur politik politik di Tiongkok cukup unik dan rumit, namun intinya pemerintah memiliki kekuasaan penuh untuk mengontrol semua kegiatan.

2. Ibukota Tiongkok
Ibukota Tiongkok adalah Beijing yang berpenduduk lebih dari 12 juta jiwa. Beijing adalah kota terpadat kedua penduduknya setelah Shanghai (16 juta jiwa). Beijing merupakan kota kuno yang dipandang sebagai pusat kebudayaan.

3. Jumlah penduduk Tiongkok
Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, saat ini penduduk Tiongkok berjumlah sekitar 1,35 milyar jiwa. Penduduk Tiongkok tersebut merupakan perpaduan dari beberapa etnis, budaya dan ekonomi yang berbeda-beda.

4. Luas wilayah Tiongkok
Luas wilayah Tiongkok sekitar 9,5 kilometer persegi, hampir seluas daratan AS (9,6 kilometer persegi) dan 4 kali lebih luas dari Indonesia (1,9 kilometer persegi). Wilayah Tiongkok memiliki topografi yang beragam dengan pemandangan yang cantik, walau belakangan terganggu polusi.

5. Negara yang berbatasan dengan Tiongkok
Tiongkok merupakan salah satu negara yang berbatasan dengan banyak negara. Terdapat 14 negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok yaitu Afghanistan, Bhutan, India, Kazakhstan, Korea Utara, Kyrgyzstan, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Rusia (di dua tempat), tyajikistan dan Vietnam.

6. Usia Tiongkok
Dari segi peradaban, Tiongkok merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban tertua di dunia. Beberapa catatan sejarah tertulis menyebutkan bahwa peradaban Tiongkok sudah dimulai sejak sekitar 4.000 tahun lalu, meski banyak yang memperkirakan jauh lebih tua dari pada itu. Sedangkan Tiongkok yang kita kenal saat ini adalah negara yang disatukan oleh Kaisar pertama Qin Shi Huang pada tahun 221 SM, suatu sistem pemerintah dinasti yang berlangsung hingga abad ke-20.

7. Bahasa di Tiongkok
Tidak banyak yang tahu bahwa di Tiongkok terdapat ratusan bahasa yang berbeda. Namun untuk mempermudah komunikasi, Pemerintah RRT mendorong warganya untuk menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa nasional. Bahasa lain yang umum digunakan adalah bahasa Canton di Hong Kong dan wilayah selatan, bahasa Tibet di Tibet, bahasa Mongol di Mongolia dan sebagainya.

8. Agama di Tiongkok
Pemerintah RRT secara resmi adalah atheis, namun praktik keagamaan pada umumnya diijinkan dengan pengawasan penuh dari pemerintah. Untuk menghitung jumlah penganut agama di Tiongkok tidaklah mudah, mengingat tidak sedikit anggota masyarakat di Tiongkok yang menganut lebih dari satu agama. Namun demikian agama yang umum dianut adalah Budha dan Tao. Selain itu Konfusius juga sirung digunakan sebagai dasar beragama di masyarakat. Konusius adalkah semacam etika yang dikembangkan oleh ahli filasafat Konfusius yang hidup pada sekitar abad ke-6 SM.

china-fast-facts-infographic

 

Leave a Reply

Silahkan komentar menggunakan akun facebook

Your email address will not be published. Required fields are marked *