Heboh Perangko Tahun Naga

Tidak lama lagi penanggalan China akan memasuki tahun yang disebut sebagai Tahun Naga 2012. Dan untul menyambut tahun tersebut, kantor pos China menerbitkan perangko edisi khusus bergambar naga bertubuh merah dan bersisik emas dengan wajah menyeringai dan cakar kedua tangan yang siap mencengkeram. Di hari pertama penjualan (05/01), perangko tersebut ternyata langsung diburu para filatelis. Di tengah dinginnya udara Beijing, orang-orang rela antri di depan kantor pos sejak pukul 4 pagi untuk memesan perangko baru tersebut sebagai souvenir atau investasi. Sementara pada saat yang bersamaan disain perangko tersebut ramai dibicarakan sebagian anggota masyarakat yang menilai gambar naganya sangat menakutkan dan bisa mengirimkan sinyal kepada dunia mengenai keangkuhan China.

Seperti diberitakan harian China Daily, sebagian anggota masyarakat China menyuarakan ketidaksetujuannya lewat mikroblog (weibo) dengan mengatakan bahwa gambar naga tersebut tidak sesuai dengan gambaran China pada umumnya. Naga yang terdapat pada gambar tersebut terlihat sangat menakutkan dan tidak bersahabat. Terdapat kesan bahwa melalui gambar naga tersebut, China ingin membenarkan sikapnya yang angkuh, agresif dan berniat mencengkeram siapapun serta tidak bersahabat. Sehingga tidak sedikit yang kemudian mengusulkan dengan nada sarkastis bahwa gambar naga tersebut cocok untuk dijadikan maskot Kementerian Luar Negeri China.

Menanggapi hal tersebut di atas, Chen Shaohua, disainer perangko tersebut dan juga disainer logo Olimpiade Beijing 2008, menjelaskan bahwa ia tidak membuat gambar naga yang terlihat lembut karena akan bertentangan dengan opini masyarakat China pada umumnya yang menggambarkan naga sebagai dewa dari hewan-hewan dalam zodiak China. Karena itu sulit baginya untuk memodifikasi gambar naga secara sembarangan, misalnya seperti gambar kartun. Terlebih lagi, gambar naga yang keras dipercaya oleh sebagian angota masyarakat akan memiliki kekuatan untuk mengusir roh-roh jahat, mencegah bencana dan memberikan berkah.

Ditambahkan oleh Chen bahwa gambar naga yang garang dapat mengusir setan di tahun 2012, dimana berdasarkan ramalan kalender Maya, dunia akan berakhir pada bulan Desember. Karena itu gambar naga tersebut diharapkan dapat melindungi perekonomian China di tengah ketidakpastian global.

Mendukung apa yang dikatakan Chen, Manajer Sirkulasi Kantor Pos China Feng Shula mengatakan bahwa gambar naga yan terlihat ganas tersebut merupakan kombinasi yang sempurna antara sejarah China kuno dan modern dimana gambar naga tersebut merupakan perpaduan gambar naga pada masa kekaisaran China kuno dengan gambar 9 naga yag terdapat di Kota Terlarang, Beijing.

Akibat perburuan perangko naga oleh para filatelis dan kontroversi gambar naga yang disuarakan lewat mikroblog, harga perangko pun turut terkerek naik. Menurut harian China Daily, di sebuah toko filateli di Madian, Beijing, harga jual satu set perangko naga bernilai 1.20 yuan yang harga awalnya sebesar 24 yuan (sekitar 34 ribu rupiah) naik menjadi 180 yuan (sekitar 257 ribu rupiah), itupun harus memesan terlebih dahulu.

Peningkatan harga jual perangko naga tersebut tentu saja disambut hangat para pedagang perangko. Mereka bahkan berharap kontroversi disain peranko bergambar naga akan mendorong peningkatan penjualan perangko di sepanjang tahun naga ini.

Terkait pencetakan perangko bergambar naga, sebenarnya pencetakan kali ini merupakan yang ketiga kalinya sejak terbentuknya Republik Rayat China tahun 1949. Disain naga pada perangko terinspirasi dari perangko pertama China yang dicetak pada tahun 1878 semasa kekaisaran Dinasti Qing.

Sementara itu terkait dengan penamaan tahun dalam kalender China, selama ribuan tahun China telah memberikan penamaan tahun berdasarkan siklus 12 tahunan dan menggunakan nama-nama hewan yaitu tikus, lembu, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing dan babi. Khusus mengenai naga, secara tradisional hewan tersebut dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberuntungan yang mencakup air, hujan, badai, dan banjir. Karena dipandang sebagai simbol kekuatan dan keberuntungan, tidak heran jika pada masa kekaisaran China kuno, naga digunakan sebagai simbol kekaisaran.

One Response to Heboh Perangko Tahun Naga

  1. I want to offering my old stamps that given by my grandfather..

Leave a Reply

Silahkan komentar menggunakan akun facebook

Your email address will not be published. Required fields are marked *