Impian dan Diaoyu, Kata Paling Top 2012 di China

Tahun 2012 telah berlalu dan berbagai peristiwa yang menyertainya pun telah menjadi catatan sejarah. Beberapa peristiwa penting yang patut dicatat di Cina antara lain terjadinya transisi kepemimpinan tertinggi di Partai Komunis Cina (PKC) dengan dilantiknya Xin Jinping sebagai Sekretaris Jenderal PKC menggantikan Hu Jintao, peluncuran pesawat ruang angkasa Cina pertama, dan memuncaknya konflik kepemilikan kepulauan Diaoyu antara Cina dan Jepang.

Sementara pada tingkat global, berbagai peristiwa juga terus berlangsung, seperti terpilihnya kembali Presiden AS Barrack Obama, kembalinya Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia, terus berlanjutnya krisis keuangan dunia, berlangsungnya Olimpiade di London, dan konflik di Timur Tengah yang tidak berkesudahan.

‘Menyikapi berbagai perkembangan domestik di China dan global, Jika anda diminta memilih satu kata untuk menggambarkan atau menyimpulkan peristiwa yang terjadi China dan belahan dunia lainnya selama tahun 2012, kata apa yang akan dipilih?’, begitu pertanyaan yang diajukan majalah ‘Beijing’ kepada para netcitizen di media sosial China pada bulan Desember 2012.

Seperti lazimnya penggunaan kata untuk menggambarkan perasaan dan tindakan, maka pemilihan kata-kata yang disampaikan para netcitizen dapat mencerminkan perasaan, pandangan, dan tindakan yang mewakili pandangan masyarakat China pada umumnya.

Dari hasil survei yang dilakukan majalah ‘Beijing’ dan dimuat dalam edisi 1 tahun 2013, sebagian besar netcitizen memilih kata ‘impian’ dan ‘Diaoyu’ sebagai kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan perasaan masyarakat China terhadap peristiwa yang berlangsung di tahun 2012. Sementara kata ‘keseimbangan’ dan ‘pemilihan’ merupakan dua kata untuk menggambarkan perasaan dan harapan masyarakat China mengenai perkembangan situasi global di tahun 2012. Keempat kata tersebut mengungguli beberapa kata lainnya yaitu ‘union’, ‘perubahan’, ‘kompetisi’, ‘chaos’, dan ‘pemanasan global’.

Munculnya kata ‘impian’ sebagai kata terfavorit sepertinya mencerminkan perasaan, keinginan dan tindakan masyarakat Cina dalam mewujudkan impianya, baik secara individu maupun kolektif di tahun 2012. Beberapa impian sudah tercapai seperti keberhasilan Tim Olimpiade China di London, terpilihnya Mo Yan sebagai pemenang Nobel Sastra, keberhasilan peluncuran pesawat ruang angkasa China untuk pertama kalinya, dan keberhasilan sebagai negara dengan perekonomian kedua terbesar di dunia. Sementara impian lainnya masih terus dikejar dan diperjuangkan.

Sementara munculnya kata ‘Diaoyu’ sebagai kata terfavorit, tidak terlepas dari konflik kepemilikan Pulau Diaoyu antara China dan Jepang, yang diikuti sikap anti-Jepang oleh sebagian anggota masyarakat China.

Adapun munculnya kata ‘keseimbangan’ dan ‘pemilihan’ memperlihatkan harapan masyarakat China yang menginginkan adanya keseimbangan dalam tata hubungan internasional, khususnya terkait dengan kebijakan AS untuk kembali meningkatkan kehadiran kekuatan militernya di Asia Pasifik. Dalam pandangan masyarakat China, penguatan kekuatan AS di Asia Pasifik merupakan bagian dari upaya AS mengurangi pengaruh China di kawasan.

Sementara kata ‘pemilihan’ mencuat ke permukaan sejalan dengan banyaknya pemilihan kepala negara/pemerintahan di berbagai negara. Setidaknya terdapat 60 negara yang melakukan pemilihan pada tahun 2012 seperti AS, Jepang, Korea Selatan, Mesir, Venezuela dan Mexico. Berbagai pemilihan yang berlangsung tersebut, tidak hanya berpengaruh terhadap negara di mana pemilihan berlangsung, tetapi juga dalam kerangka yang lebih luas.

Kalau kata ‘impian’. ‘Diaoyu’, ‘keseimbangan’ dan ‘pemilihan’ menjadi kata-kata yang paling top di Cina sepanjang tahun 2012, kira-kira kata-kata apa yang paling top di Indonesia pada tahun 2012 tersebut? Mungkinkah kata ‘korupsi’ menjadi kata yang paling top

Leave a Reply

Silahkan komentar menggunakan akun facebook

Your email address will not be published. Required fields are marked *